Dinas Dukcapil Kerinci Kekurangan Anggaran untuk Perekaman e-KTP bagi Pemilih Pemula

Saat proses perekaman e-KTP di kecamatan


Publisjambi.com, KERINCI - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kerinci telah melakukan Jemput Bola ke masing-masing untuk Perekaman e-KTP bagi Pemilih Pemula yang belum memiliki KTP. 

Namun, saat ini Dinas Dukcapil kabupaten Kerinci, mengalami kendala persoalan anggaran untuk petugas turun ke kecamatan untuk melakukan perekaman yang sesuai dengan telah ditetapkan di kabupaten Kerinci. 

Kepala dinas kependudukan dan pencatatan sipil kabupaten kerinci, Nafritman, mengatakan di kabupaten Kerinci terdapat 4.339 orang pemilih pemula dikabupaten kerinci yang belum melakukan perekaman e-KTP. 

"Saat ini kita harus bekerja ekstra dengan jemput bola untuk menyelesaikan perekaman untuk Pemilih Pemula yang belum memiliki KTP,"jelasnya. 

Namun, saat ini lanjutnya, terkendala persoalan anggaran membuat petugas kesulitan untuk turun melakukan perekaman di masing-masing Kecamatan di kabupaten Kerinci. 

 "Kita ada kendala sedikit soal tambahan dana, karena anggaran yang dibutuhkan kalau kunjungan 1 kecamatan Rp 25 juta, sedangkan anggaran yang tersedia Rp16 Juta,"sebutnya. 

Untuk saat ini, lanjutnya kecamatan yang sudah dilakukan Perekaman dari 18 kecamatan yakni, Kecamatan Kayu Aro, Air Hangat, Air Hangat Barat dan Depati Tujuh, sedangkan Danau Kerinci, masih sedang berjalan sampai saat ini. 

"Kita sangat berharap di APBDP ada penambahan anggaran, nantinya. Paling tidak 2 kali kunjungan membutuh 50 juta supaya masyarakat yang belum melakukan perekaman bisa menggunakan Hak Pilihnya pada pemilu 2024 mendatang,"tandasnya.(Din)